Sabtu, 28 November 2009

.::*Ringkasan Khotbah Menjadi Orang Kristen Yang Kuat*::.



Shalom ^_______________^....uhm aku mau sharing ringkasan khotbah yang aku dapat hari ini ( Uhmmm khotbah hari ini sangat memberkati dan mengajarkan aku banyak hal juga ( im still need much to learn ^___________^ )

sebelum memulai ringkasan khotbahnya seperti biasa ucapan terima kasih banyakku kepada orang2x dibawah ini ^________________^

copas mode on ( copy paste ^______^)

- Tuhan Yesus Kristus ( Terima kasih banyak Tuhan Yesus untuk khotbah dan pelajaran hari ini, i need so much to learn and to grow also :) )
- Gerja Tiberias dan Gembala sidang: Pdt. DR. Yesaya Pariadji
- HambanYA : Jhonny Wardi ( maaaf pak kalau salah nulis namanya , mudah2han ndak yah ^____^ )
- orang 2x yang membaca ringkasan Khotbahnya ( GBY Muchhhh v^______^v )

ok firman dan ringkasan hari ini diambil dari kitab Yosua 1:1-9 ( Yuk kita baca sama2x Alkitab dan firmanNYA hari ini :) )

1:1 Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian:
1:2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.
1:3 Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa.
1:4 Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu.
1:5 Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.
1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."


dalam bacaan firman Tuhan hari ini..disini diceritakan Tuhan memberitahukan Yosus untuk mempunyai hati yang teguh dan beriman kepada Tuhan, walaupun disini tidak dikatakan bahwa yosua dan bangsa istrael sedang mengalami cemas hati,kuatir, cemas... tetapi Tuhan berkata kepada Yosua untuk menguatkan dan meneguhkan hatinya supaya yosua dan bangsa istrael tidak menjadi tawar hari. kenapa hati yang teguh dan kuat berperan penting? karena ketika hati kita teguh dan kuat dalam iman dan percaya kepada Tuhan...disanalah kita tidak menjadi lemah, karena ketika kita mempunyai kondisi hati yang lemah/ tidak kuat kita menjadi mudah putus asa, kita menjadi mudah menyerah dalam menghadapi masalah,mudah mencari solusi jawaban di luar firman Tuhan, kita menjadi mudah terjatuh dalam dosa dan dalam perangkap iblis. Tetapi firman dan khotbah hari ini mengajarkan kita semua untuk mempunyai hati yang teguh & kuat dalam iman.

point kedua dalam bacaan firman dan ringkasan khotbah hari ini diambil dari

1 Samuel 17:45-46
17:45 Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.
17:46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah


diceritakan bagaimana daud mempunyai keteguhan dalam keyakinan dan imannya kepada Tuhan, cerita daud ini selalu sangat mengesankanku, dimana cerita ini bercerita ketika ada seorang raksasa filistin yang menantang barisan istrael, dimana saat itu tidak ada satu orangpun yang berani maju untuk melawan raksasa filistin ini ( termasuk saul, raja mereka sekalipun ), tetapi datanglah seorang anak muda yang berani untuk menantang raksasa ini, bahkan sekalipun ketika raksasa filistin ini mengejek daud, meremehkan daud, tetapi daud yang walaupun hanya pengembala domba dan kambing tidak takut tetapi dengan keteguhannya dan keyakinanya imannya kepada Tuhan, dia bahkan mengalahkan raksasa filistin, dan akhirnya kemenangan daud membuat seluruh rakyat istrael menjadi bangkit dan mengalahkan bangsa filistin.

cerita daud ini mengajarkan kita, walaupin sekalipun masalah yang kita hadapai banyak, masalah yang kita hadapi besar sekalipun, jangan pernah takut, kuatir, ataupun menjadi lemah, seperti kisah daud belajarlah untuk teguh dan mempunyai keyakinan dan iman kepada Tuhan bahwa kita dapat melewati masalah yang sedang terjadi, dan Tuhan akan memberikan kemenangan ^_________^ ( amen dan amen )

Point 3 dalam ringkasan khotbah dan firman Tuhan hari ini diambil dari:

Ayub 2:9-10
2:9 Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!"
2:10 Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya.


point ke 3 dalam ringkasan dan firman Tuhan hari ini mengajarkan kita untuk teguh dalam kesabaran seperti dalam kisah Ayub, dalam keadaan dia sudah kehilangan semuanya dia tetap teguh dalam kesabaran, walaupun sekalipun orang yang dia kasihi ( istrinya sendiri ), memintanya untuk mengutuki Tuhan, bahkan menyuruhnya untuk mati, tetapi Ayub tetap teguh daam kesabarannya...( aku tidak bisa membayangkan jika aku berada di posisi ayub, ketika kamu kehilangan segalanya, dan ketika kita sangat berharap support dari orang yang kita kasihi, tetapi orang yang kita kasihi malah berbuat sebaliknya :( ..is must be hard ), tetapi cerita ayub mengajarkan kita untuk teguh dalam bersabar, berdoa, tidak mudah berputus asa ( Jika Hari ini belum ada mujizat, keajiban, solusi dalam masalah...Besok pasti ada ^_______^ )

Point terakhir dalam ringkasan dan firman Tuhan hari ini diambil dari:
1 Petrus 1:15-16
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

dalam firman ini kita diajarkan untuk berkomitmen dalam menjaga kekudusan dalam hidup kita,walaupun kita hidup di dunia yang sangat penuh dengan godaaan, masalah, dunia yang berdosa, tetapi firman hari ini mengajarkan kita untuk berkomitmen untuk menjaga kekudusan walaupun hidup di dunia yang berdosa ( jadi ingat cerita Nuh ^_________^ )

Penutup dan Kesimpulan khotbah hari ini sbb:
- Miliklah Hati yang teguh dan kuat dalam iman ( Hati yang gembira adalah obat ^________^ , jadi jaga hatinya dengan penuh kemurnian :) )
- Teguh dalam Keyakinan dan iman kita kepada Tuhan Yesus ^_______^
- Tegulah dalam kesabaran
- Tegulah dalam komitmen kekudusan :)

sekian ringkasan khotbah hari Tuhan Yesus Memberkati dan mengasihi kita semua v^_______________^v

Tidak ada komentar: